Senin, 23 September 2019, WIB

Jumat, 26 Apr 2019, 14:09:32 WIB, 29474 View Ryan Descreate, Kategori : Teknologi

Umat muslim tanpa terasa sebentar lagi akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Di bulan yang penuh berkah ini tentu umat muslim berlomba-lomba melakukan semua ibadah wajib dan sunnah terutama ibadah shalat dan puasa. Bicara shalat biasanya tak lepas dari yang namanya sajadah, adalah alas karpet kecil sebagai perlengkapan shalat yang mudah di bawa kemanapun.

Berbicara sajadah baru-baru ini diketahui ada sajadah yang bisa menunjukkan arah kiblat. Ya, meski sebenarnya ini bukanlah temuan yang pertamakali karena sebelumnya sudah ada sajadah dengan berbagai model tertanam kompas yang sebetulnya benda yang terpisah dari sajadah itu sendiri.

Wow, Inilah Sajadah Led Pertama Dunia yang Bisa Tunjukan Arah Qiblat, Siap Tarawih!

Wow, Inilah Sajadah Led Pertama Dunia yang Bisa Tunjukan Arah Qiblat, Siap Tarawih!

Adalah EL Sajjadah, nama sajadah ini. 'EL' adalah singkatan dari 'Electro Luminescent'dan 'Sajjadah' berarti 'Sajadah'. Lalu apa sih perbedaan dan kelebihan sajadah ini?

Wow, Inilah Sajadah Led Pertama Dunia yang Bisa Tunjukan Arah Qiblat, Siap Tarawih!

Sebelum lebih jauh menjelaskan saya ingin mengingatkan kembali betapa pentingnya arah qiblat bagi umat muslim ketika ingin melakukan shalatnya. Qiblat adalah tempat dimana seluruh umat muslim di seluruh dunia mengarahkan dirinya ketika shalat pada satu titik yang letaknya berada pada Ka'bah yang terletak di tanah suci Makkah, Arab Saudi. Shalat mengarah ke Qiblat menjadi salah satu syarat sahnya shalat bagi umat muslim.

Wow, Inilah Sajadah Led Pertama Dunia yang Bisa Tunjukan Arah Qiblat, Siap Tarawih!

Nah titik itulah yang di sebut dengan nama Qiblat, dan terpenting untuk di ingat adalah bahwa Qiblat atau Ka'bah itu sendiri bukanlah obyek atau benda yang di sembah, tapi sebagai tanda atau bukti kerukunan seluruh umat muslim di seluruh dunia yang terpusat pada satu tujuan dalam shalat, hanya kepada Allah SWT sang Khaliq, Tuhannya ummat Muslim. Skip.

EL Sajjadah yang diproduksi Soner Ozenc bukan sekedar alas karpet shalat tapi ditingkatkan dengan teknologi terkini. EL Sajjadah alas karpet yang bisa menyala ketika posisinya diarahkan ke arah Qiblat dengan benar. Meski terdapat beberapa led namunEL Sajjadah merupakan lembaran yang tetap tipis, fleksibel dan gan en sista bisa menggulungnya seperti biasanya. Karena memancarkan cahaya dari led maka EL Sajjadah juga membutuhkan sumber daya yang tentu saja baterainya bisa di isi ulang.

EL Sajjadah juga menjadi satu karya seni yang unik yang apabila sedang tidak di gunakan bisa menjadi hiasan dinding ketika di gantung dalam ruangan yang cukup gelap. EL Sajjadah telah dipamerkan di Inggris, Amerika Serikat, Jerman, Austria, Turki, Kuwait, Jepang dan Korea Selatan. Juga telah disimpan prototipenya di museum MoMA, New York.

Wow, Inilah Sajadah Led Pertama Dunia yang Bisa Tunjukan Arah Qiblat, Siap Tarawih!

Kalau bicara disain pola EL Sajjadah ini menceritakan tentang kisah kehidupan. Menurut perancang disainnya terdapat garis membentuk ular yang mewakili Neraka yang mengelilingi Surga terlihat dari bentangan garis persegi panjang setiap sisi sajadah ini. Kemudian ada pola Masjid terletak di jantung Surga. Terlihat pola Mihrab atau bisa juga di artikan sebagai Cahaya Tuhan (Allah SWT) berupa pola garis lengkung yang biasa kita lihat di setiap langit-langit Masjid. 

Terlihat pula pola tangan dan kaki di sebelah kanan dan kiri, fungsinya untuk meletakkan tangan dan kaki pada tempatnya. Sedang disain Masjid diambil dari bentuk Masjid Sultan Ahmed, adalah Masjid yang sangat bersejarah dan termegah di Istambul, Turki.

Wow, Inilah Sajadah Led Pertama Dunia yang Bisa Tunjukan Arah Qiblat, Siap Tarawih!

 Meski begitu produk EL Sajjadah ini masih terus di perbaiki agar semakin sempurna, dan sudah banyak mendapat pujian dan dukungan positif dari: The New York Times, The Huffington Post, The Wall Street Journal, I.D., Engadget, Gizmoo, Core77, T3, Independent, C|Net, dan Art Review:.





Ada 4 Komentar
  • , 10 Mei 2019, 10:13:43 WIB
    With havin so much content and articles do you ever run into any issues of plagorism or copyright infringement? My website has a lot of unique content I've either created myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the web without my authorization. Do you know any ways to help protect against content from being ripped off? I'd certainly appreciate it.
  • , 15 Mei 2019, 04:05:37 WIB
    This is really interesting, You're a very skilled blogger. I have joined your feed and look forward to seeking more of your fantastic post. Also, I have shared your site in my social networks!
  • Denny, 15 Mei 2019, 14:28:59 WIB
    Excellent post! We will be linking to this great post on our site.
    Keep up the great writing.
  • , 16 Mei 2019, 12:50:30 WIB
    Terrific post however , I was wanting to know if you could write a litte more on this topic? I'd be very grateful if you could elaborate a little bit more. Appreciate it!
Tuliskan Komentar