Selasa, 19 November 2019, WIB

Senin, 28 Okt 2019, 08:32:15 WIB, 115 View Ryan Descreate, Kategori : Teknologi

Amerika Serikat - Sebagai upaya kembali lagi manusia ke Bulan, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan terlebih dahulu mencari sumber air di satelit alami Bumi tersebut. Robot khusus pun akan diluncurkan NASA dalam menjalankan misi pencarian ini.

Robot yang seukuran dengan mobil golf ini direncanakan akan diluncurkan ke luar angkasa menuju Bulan pada 2022. Adapun robot ini dinamakan Viper oleh NASA yang merupakan kepanjangan dari Volatiles Investigating Polar Exploration Rover.

Viper dirancang untuk menjelajah permukaan Bulan dengan mengendalikannya dari jarak bermil-mil, menelusuri adanya kemungkinan sumber air yang diduga terpendam dan menjadi es di dalam Bulan.

"Viper akan menilai titik lokasi air es berada (di Bulan). Kita akan mengkaterisasi air es dan pada akhirnya mengebornya," kata Administrator NASA Jim Bridenstine begitu pernyataan NASA dikutip dari Reuters, Senin (28/10/2019).

Bila ditemukan sumber air yang dimaksud, maka nantinya akan memenuhi kebutuhan astronot untuk minum hingga jadi bahan bakar roket.

"Mengapa ini penting? karena air es ini mewakili sesuatu yang siginfikan. Dukungan seumur hidup," ucap dia.

Rover Viper ini diperkirakan akan tiba di wilayah kutub selatan Bulan Desember 2022. Rover ini membawa sejumlah instrumen, salah satunya untuk sampel tanah Bulan mengidentifikasi jejak hidrogen dan oksigen
 





Tuliskan Komentar


//