PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya
Minggu, 17 Januari 2021, WIB

Senin, 28 Des 2020, 10:53:38 WIB, 154 View Ryan Descreate, Kategori : Teknologi

Jakarta - Apple mulai menerapkan App Store Small Business Program, yaitu dengan menurunkan potongan yang mereka terapkan untuk transaksi yang terjadi di App Store.

Namun sesuai namanya, program ini hanya diberikan untuk developer kecil, yaitu yang pemasukannya di bawah USD 1 juta setiap tahunnya. Untuk developer yang memenuhi syarat, potongan di App Store-nya akan turun dari 30% menjadi 15%.

Sementara untuk developer besar yang pemasukannya di atas USD 1 juta, potongannya tetap sebesar 30%. Sejumlah developer App Store mengaku sudah melihat adanya perubahan di laporan pemasukan mereka di App Store Connect.

App Store Small Business Program adalah program yang diumumkan Apple pada November lalu. Dalam program ini, Apple memotong komisi yang mereka ambil untuk setiap transaksi di App Store ataupun in app purchase dari 30% menjadi 15%.

"Saya melihat pemasukan sebesar USD 5,09 dari (aplikasi) USD 5,99 di Amerika Serikat. Terima kasih, Apple," kicau Rajveer lewat akun Twitter-nya.Seorang developer dari Marvis App bernama Aditya Rajveer menyadari kalau program ini sudah berjalan dari pemasukannya untuk setiap aplikasi, yaitu USD 5,09 untuk setiap aplikasi yang harganya USD 5,99, demikian dikutip detikINET dari 9to5mac, Senin (28/12/2020).

Kicauan senada juga dilontarkan oleh David Hodge, yang mengaku potongan untuk penjualan aplikasi miliknya sudah menurun menjadi 15%.

Apple sendiri beberapa waktu yang lalu memang mendapat kritik pedas dari sejumlah developer terkait potongan yang terlalu besar untuk transaksi di App Store. Bahkan developer seperti Epic Games pun sampai mencoba mengakali potongan yang terlalu besar ini dengan membuat sistem pembayaran sendiri.

Namun hal ini malah membuat mereka 'ditendang' dari App Store.





Tuliskan Komentar


//